Friday, May 31, 2013

Surgeon Simulator: The Review



 
Sebuah game dari Bossa Studio di PC untuk mahasiswa kedokteran, calon dokter, maupun yang ingin tahu apa rasanya menjadi dokter. Tadinya game ini merupakan game Flash yang bisa dimainkan langsung di browser maupun diunduh secara gratis di sini. Beberapa saat kemudian, muncullah versi upgrade dari game ini yang dapat diperoleh melalui Steam. Apa saja perubahan yang ada ada? Well, that’s why I’m reviewing this one heck of a game.

Hal yang pertama dan paling mengecewakan adalah perubahan dari sebuah game gratis menjadi game yang perlu dibeli. But, hey, man’s gotta eat so... it’s not a problem (and I’m not sure you people are going to buy this game, right? You know what I’m talking about).

I smell steak...
Berbicara tentang apa saja yang disediakan di versi upgrade ini, terdapat total 6 + 1 operasi tambahan. Dari yang tadinya hanya mengoperasi jantung, sekarang terdapat operasi ginjal dan otak. Loh, katanya ada enam? Benar, tiga operasi lainnya hanyalah operasi yang sama tetapi dilakukan di ambulans. Dan satu operasi terakhir? Hmmm... you have to try it for yourself.

Dari segi grafis, efek pencahayaan di game ini memang mendapat peningkatan, tetapi dari keseluruhan tekstur, versi gratisannya terlihat lebih sedap dipandang mata. Di versi berbayar ini juga entah kenapa banyak objek yang digenggam terlihat seakan-akan menembus tangan walaupun hal tersebut terkadang terjadi juga di versi gratisannya.

Sekarang mari berbicara tentang efek yang ada di game ini. Efek fisika—dalam hal ini gravitasi—terlihat menonjol pada level di dalam ambulans, selebihnya sama saja. Untuk efek lain yang berhubungan dengan jalannya operasi, dapat ditemukan sendiri.

trippy...

Untuk skema kontrol masih sama: mouse untuk menggerakkan dan memutar tangan dan A, W, E, R, dan spasi untuk mengontrol pergerakan jari. Objek yang ada di meja operasi juga ditambah walaupun yang dipakai kebanyakan alat itu lagi itu lagi.

Soal tingkat kesulitan, game ini merupakan sebuah game yang sulit. Tetapi kesulitan itulah yang justru menjadi daya tarik dan membuat game ini menjadi seru. Yang agak menyebalkan, terkadang terjadi kesulitan tidak perlu yang diakibatkan oleh glitch.

Memang game ini dikatakan kurang jika dibandingkan dengan versi gratisnya, tapi jika memiliki uang atau waktu yang berlebih, silahkan mainkan game unik yang satu ini.

...wait- this goes where!?

No comments:

Post a Comment